PEMUTARAN FILM SENYAP DI ISI YOGYAKARTA DIBUBARKAN PAKSA OLEH FUI

Kamis, 18 Desember 20140 komentar



Pemutaran film 'Senyap, The Look of Silence' karya Joseph Openheimer yang diputar di kampus Media Rekam ISI (Institut Seni Indonesia) dibubarkan oleh sekelompok orang yang mengatasnamakan umat islam di Yogyakarta, Rabu, 17 Desember 2014 sekitar pukul 17.30 Wib.

Pembubaran dilakukan oleh massa berjumlah kurang lebih 100 orang, yang terdiri dari ormas islam Muslim Gren Zone (MDZ) Gerakan Pemuda Ka’bah, dan Remaja Masjid Jogokaryan yang tergabung dalam FUI.

Menurut informasi yang diterima Sihumas Sewon, sebagai korlap sekaligus penyelenggara adalah Reva Damar (Mahasiswa SMR), massa meminta film yang diputar tersebut dihentikan karena berbau ideologi PKI dan dilarang di putar di Indonesia.

Setelah terjadi kesepakatan antara Penyelenggara dan pihak Kampus yang diwakili oleh pembantu dekan III Tanto Handoko sepakat pemutaran filem tersebut dihentikan, selanjutnya Ormas islam yang menamakan diri FUI dan mahasiswa membubarkan diri.

Filem dokumenter 'Senyap, The Look of Silence' karya Joseph Openheimer yang berdurasi kurang lebih 98 menit tersebut bercerita mengenai seorang laki-laki yang mencari tahu pembunuh kakaknya.

Empat puluh tahun lebih telah berlalu, Adi Rukun dan ibunya yang sudah lansia masih memendam kepedihan dari tragedi pembantaian massal tahun 1965 di Indonesia. Kakak Adi adalah salah seorang korban pembantaian di Sumatera Utara.

Adapun pemutaran filem tersebut karena masuk dalam kegiatan kelompok mahasiswa (KKM) dan pemutaran filem tersebut merupakan inisiatif murni mahasiswa dengan alasan pembuatan dan alur ceritanya bagus sehingga bisa untuk media pembelajaran bagi mahasiswa. (Sihumas Sewon)

Share this article :

Posting Komentar

 
Link : Humas Polri | Humas Polda DIY | Humas Polres Bantul
Copyright © 2011. Humas Polres Bantul - All Rights Reserved
Operator Blogspot : Aiptu Agus Suryanto Published by Humas Polres Bantul
Proudly powered by Blogger