PERAYAAN GALUNGAN UMAT HINDU DI PURA JAGATNATHA PLUMBON BANGUNTAPAN

Kamis, 18 Desember 20140 komentar



Untuk menjaga kekhusukan dan kelancaran giat persembahyangan hari Galungan & Piodalan umat Hindu Yogyakarta di Pura Jagatnatha Banguntopo Dk. Plumbon Banguntapan Bantul maka Kapolsek Banguntapan Kompol Tri Wahyuni, Amk menerjunkan personilnya untuk melakukan pengamanan, Rabu, 17 Desember 2014 pukul 18.00 wib.

Bapak Budi Sanyoto, S.Pd.H sebagai penanggungjawab pada kegiatan ini mengatakan bahwa Galungan memiliki makna introspeksi bagi umat Hindu. Menurutnya, masyarakat Hindu diajak untuk mengamati diri dan menilai perbuatan yang dilakukan selama 6 bulan terakhir.

"Galungan diperingati setiap 6 bulan sekali dan merupakan bentuk kemenangan Dharma yang berarti kebaikan melawan Adharma yang berarti kejahatan. Dengan kata lain, Galungan ini merupakan bentuk introspeksi masyarakat Hindu terhadap perbuatan yang telah dilakukan selama 6 bulan ini," katanya.

Menurutnya, tiga dasar bagi umat Hindu harus selalu dijunjung tinggi. "Tri Kaya Parisudha harus selalu dikedepankan di dalam diri setiap umat yaitu berpikir baik, berkata baik dan berbuat baik," lanjutnya.

Menurutnya, jumlah masyarakat Hindu di Yogyakarta ini mencapai jumlah kurang lebih 500.000 orang. Bagi umat Hindu menurutnya yang terpenting adalah spirit yang mencerahkan.

"Kita sebagai umat beragama seharusnya bisa lebih memaknai spirit yang mencerahkan dalam beragama. Oleh karena itu hendaknya kita beragama bukan hanya sebagai syarat saja namun menemukan spirit hidup yang mencerahkan," tutupnya. (Sihumas Banguntapan) 

Share this article :

Posting Komentar

 
Link : Humas Polri | Humas Polda DIY | Humas Polres Bantul
Copyright © 2011. Humas Polres Bantul - All Rights Reserved
Operator Blogspot : Aiptu Agus Suryanto Published by Humas Polres Bantul
Proudly powered by Blogger