VANDALISME, 6 PELAJAR SMK DIAMANKAN DI POLSEK KASIHAN

Kamis, 18 Desember 20140 komentar



Kamis, 18 Desember 2014 pukul 11.00 Wib di Gedung Carfix, Jln Ringroad selatan, Gatak, Tamantirto, Kasihan, Bantul telah dilaksanakan penangkapan pelaku Vandalisme.

Kejadian bermula pada saat AKP Tuhadi dan AIPTU Yohanes melaksanakan patroli rutin,  sesampainya di TKP melihat 6 Orang siswa SMKN 1 Kasihan kelas 1 seni lukis dengan inisial An, Dn, Tk, Ad, Hk dan Bn sedang menggambar Mural yang tidak pada tempatnya. Atas kejadian tersebut AKP Tuhadi langsung menggiring siswa tersebut ke Polsek Kasihan untuk diberi pembinaan.

Pembinaan dilakukan oleh Bhabinkamtibmas Ngestiharjo Brigadir Budi S selaku yang mengampu SMKN 1 Kasihan dan Bhabinkamtibmas Tirtonirmolo Bripka Ari Dwi P selaku pengampu wilayah Tamantirto.

Kepada ke 6 siswa tersebut diberikan tindakan disiplin dan dibuatkan surat pernyataan untuk tidak mengulangi perbuatanya. Hal ini dilakukan agar menimbulkan efek jera bagi keenam siswa tersebut dan peringatan kepada para pelajar lainya untuk tidak melakukan Vandalisme.

Kepada mereka juga diberikan pembinaan tentang kenakalan remaja.            
Didalam penyuluhanya, Brigadir Budi S mengajak kepada pelajar untuk mengembalikan jati diri pelajar sekaligus mengembangkan budaya gotong royong, budaya memiliki, budaya merawat, budaya menjaga dan budaya bersih. Jangan lagi melakukan aksi corat-coret, aksi pengrusakan dan aksi aksi yang tidak terpuji lainya.

Dalam penyuluhan tersebut para pelajar diberikan pemahaman bahwa aksi vandalisme ini sangat merugikan baik dirinya sendiri maupun orang lain. Dampak buruk yang ditimbulkan oleh aksi vandalisme adalah :

Perusakan lingkungan, vandalisme adalah tindakan perusakan terhadap segala sesuatu yang indah atau terpuji. Maka dari itu dengan adanya aksi ini maka lingkungan yang seharusnya indah terawat akan rusak dan terbengkalai.

Mengganggu ketertiban, tidak hanya rusaknya lingkungan, namun ketertiban juga akan terganggu akibat adanya ulah aksi vandalisme ini karena pada dasarnya pelajar yang melekukan vandalisme akan melanggar tata tertib yang ada sehingga tujuan mereka untuk melakukan vandalisme pun tercapai.

Mengganggu kenyamanan orang lain, pelajar yang berulah vandalisme tentunya akan menggangu kenyamanan orang lain. Misalnya perusakan fasilitas umum yang disebabkan oleh aksi vandalisme, maka hal ini akan mengganggu kenyamanan orang lain yang akan menggunakan fasilitas tersebut.

Setelah dilakukan pembinaan keenam siswa tersebut diserahkan ke Pihak sekolahanya untuk dilakukan pembinaan secara jhusus. (Sihumas Kasihan)

Share this article :

Posting Komentar

 
Link : Humas Polri | Humas Polda DIY | Humas Polres Bantul
Copyright © 2011. Humas Polres Bantul - All Rights Reserved
Operator Blogspot : Aiptu Agus Suryanto Published by Humas Polres Bantul
Proudly powered by Blogger