UPACARA ADAT REBOPUNGKASAN DI WONOKROMO PLERET

Kamis, 18 Desember 20140 komentar



Selasa, 16 Desember 2014 pukul 20.00 Wib bertempat di Pendopo Balai Desa Wonokromo, Pleret, Bantul telah berlangsung Upacara Adat Rebopungkasan.

Hadir dalam kegiatan tersebut Dinas Pariwisata Yogyakarta Ir. Wira Hadikusuma, Asek III Pemda Bantul Sunarto SH. M.Hum, Dinas Pariwisata Kab. Bantul Ir. Suyoto, Muspika Kec. Pleret, Perangkat Desa se Kecamatan Pleret dan Tamu undangan serta kurang lebih 10.000 pengunjung.

Adapun rangkaian kegiatan diawali dengan pelepasan Kirab Lemper Agung dari Masjid Al-Huda Karanganom menuju Balai Desa Karanganom dengan rangkaian rombongan diantaranya Lemper Agung, Gunungan, empat bergodo prajurit keraton, enam kereta kuda dan gamelan.

Sambutan Camat Pleret Bpk Jazim Azis SH diantaranya mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah mensukseskan kegiatan ini. Beliau juga menyampaikan acara tradisi Rebopungkasan ini dilaksanakan pada hari Rabu terakhir pada bulan Safar dengan agenda sedekah lemper. Upacara Rebopungkasan ini diselengarakan sebagai ungkapan rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa serta untuk mengenang dan menghormati seorang Kyai pertama di Wonokromo yaitu Kyai Faqih atau Kyai Welit.

Sambutan asek III Pemda Bantul mengatakan adat tradisi Rebopungkasan dengan kirab Lemper Agung merupakan budaya yang harus dilestaraikan. Dengan adanya rangkaian kegiatan Rebopungkasan selain merupakan kegiatan budaya juga dapat mengangkat ekonomi masyarakat sekitar dengan diadakanya pasar malam serta bertujuan mempertahankan tradisi agar tidak diklaim oleh pihak lain.

Kemudian kegiatan dilanjutkan dengan pemotongan Lemper Agung oleh Asek III Pemda Bantul serta membagikan lemper dan gunungan kepada masyarakat yang datang.
Kapolsek Pleret Budi Kustanto, SH mengerahkan personelnya guna melaksanakan pengamanan kegiatan ini hingga selesai pada pukul 22.00 Wib dalam keadaan aman, lancar dan kondusif. (Sihumas Pleret)

Share this article :

Posting Komentar

 
Link : Humas Polri | Humas Polda DIY | Humas Polres Bantul
Copyright © 2011. Humas Polres Bantul - All Rights Reserved
Operator Blogspot : Aiptu Agus Suryanto Published by Humas Polres Bantul
Proudly powered by Blogger