UNTUK TINGKATKAN PELAYANAN, PEMDA BANTUL GELAR WORKSHOP SISTEM MANAJEMEN MUTU ISO

Rabu, 03 Desember 20140 komentar



Pemerintah Daerah Bantul mengadakan Workshop System Manajemen Mutu ISO 9001:2008 pada hari Selasa, 2 Desember 2014 pukul 09.45 Wib bertempat di lantai III gedung induk komplek Parasamya.

Hadir dalam acara tersebut antara lain Assek III Pemda Bantul, Sunarto, SH, MH, Kepala SKPD, Kabag Tata Pemerintahan Pemda Bantul Sigit Widodo, SH, Kepala Puskesmas se-Kabupaten Bantul serta sekitar 200 peserta workshop.

Kabag Tata Pemerintahan Pemda Bantul, Sigit Widodo, SH dalam sambutannya mengatakan bahwa acara workshop tersebut dilaksanakan sebagai sarana dalam meningkatkan mutu pelayanan kepada masyarakat.

“Untuk itu, demi memberikan layanan yang prima, organisasi perlu melakukan ”Continual Improvement Process” yaitu proses perbaikan yang berkesinambungan disetiap elemen dalam organisasi sehingga setiap aspek yang mempengaruhi operasional organisasi dapat terus ditingkatkan kinerjanya, sehingga mampu memberikan layanan yang prima, yang mampu memberikan kepuasan bagi masyarakat dan pelanggan yang menikmati layanan tersebut,” ujar Bapak Sigit Widodo, SH.

Sedangkan Assek III, Sunarto, SH, MH mengatakan bahwa masyarakat merupakan pelaku utama pembangunan, maka Pemerintah bertugas membimbing kemajuan masyarakat. Dalam pelaksanaan pelayanan public ditetapkan dengan Standar Mutu Pelayanan yang lebih dikenal dengan sebutan ISO, sehingga pelayanan yang cepat dan bermutu bisa tercapai. Untuk mencapai target yang ditentukan, dalam melaksanakan pelayanan, sebagai aparatur kita harus mengedepankan 8 pilar yaitu perencanaan, leadership, keterlibatan semua orang, pendekatan proses, peningkatan manajemen, perbaikan berkelanjutan, pendekatan fakta serta kerjasama yang saling menguntungkan.

Acara dilanjutkan dengan penyampaian materi workshop yang membahas tentang pedoman dalam pelaksanaan “Continuous Improvement Process “, organisasi dapat menggunakan Standar Internasional yaitu ISO 9001:2008. ISO 9001:2008 merupakan suatu Standar Sistem Manajemen Mutu yang telah diakui secara internasional, yang diterbitkan oleh International Organization for Standardization yang berkedudukan di Jenewa, Swiss.

Melalui penerapan ISO 9001:2008 di organisasi, diharapkan output yang dihasilkan oleh organisasi adalah output yang sesuai dengan keinginan masyarakat dan pelanggan. Selain itu, penerapan ISO 9001:2008 ini juga mampu meningkatkan kinerja organisasi. (Sihumas Bantul) 

Share this article :

Posting Komentar

 
Link : Humas Polri | Humas Polda DIY | Humas Polres Bantul
Copyright © 2011. Humas Polres Bantul - All Rights Reserved
Operator Blogspot : Aiptu Agus Suryanto Published by Humas Polres Bantul
Proudly powered by Blogger