250 SISWA DARI GUGUS PAUD SE-KECAMATAN JETIS “DUDUKI” POLRES BANTUL

Jumat, 13 Februari 20150 komentar



Dalam rangka memberikan pembelajaran tentang tata cara berlalu lintas yang baik sejak usia dini serta menanamkan kecintaan kepada polisi, maka Satlantas Polres Bantul menerima kunjungan anak-anak dari Gugus PAUD se-Kecamatan Jetis dalam rangka open house Polisi Sahabat Anak (PSA), Kamis, 12 Februari 2015 pukul 09.00 Wib di Mapolres Bantul.

Sebanyak 250 siswa dari Gugus PAUD se-Kecamatan Jetis tersebut diajak belajar sambil bermain mengenal tatatertib berlalulintas sejak dini dan mengenal sosok polisi beserta tugas mulianya.

Dari wajah mereka tidak tampak rasa takut sedikitpun ketika bertemu dengan sejumlah petugas Polres Bantul yang menyambut kedatangan mereka. Keakraban antara anak-anak juga terlihat jelas, saat petugas Unit Dikyasa Sat Lantas Polres Bantul mengajak anak-anak memasuki perkantoran Mapolres Bantul untuk dikenalkan ruangan-ruangan yang ada beserta fungsinya, seperti kantor Sat Reskrim, Intelkam, Sabhara, Lantas, ruangan pelayanan pembuatan SIM, SKCK dan lain-lainya. Selain itu petugas juga mengenalkan kendaraan dinas yang dimiliki Polres Bantul kepada anak-anak, seperti motor patwal, mobil quick respons dan kendaraan taktis.

Anak-anak kemudian diajak berkumpul di serambi Masjid Baitun Ni’mah Polres Bantul untuk diajarkan dan diperkenalkan rambu-rambu lalu lintas dan tata cara berlalu lintas yang baik dan benar. Anak-anak juga diperkenalkan gerakan pengaturan lalu lintas yang diperagakan oleh petugas. Selain itu, petugas juga mengajarkan anak-anak yel-yel pelopor keselamatan berlalu lintas. Yakni dengan mengacungkan jari telunjuk yang artinya saya, menepuk dada yang artinya pelopor, menyilangkan kedua tangan di dada artinya keselamatan dan mengepalkan kedua tangan ke depan artinya kendaraan.

Sementara itu, Ipda Firdaus Canggih Pamungkas, SIK saat dihubungi petugas Humas Polres Bantul mengatakan, program Polisi Sahabat Anak merupakan sebuah program Polri yang digagas Satuan Unit Dikyasa (Pendidikan dan Rekayasa). Program ini ditujukan untuk memberikan proses pembelajaran terhadap keberadaan Kepolisian Negara Republik Indonesia sebagai sahabat anak. Polisi perlu dikenal sejak dini kepada anak.

Polisi adalah aparat Negara yang setiap saat siap membantu ketertiban masyarakat. Ketertiban sangat diperlukan dalam kehidupan bernegara untuk mewujudkan masyarakat yang damai dan tenteram. Ketertiban sebenarnya bukan saja menjadi tanggung jawab kepolisian, namun yang lebih penting adalah tumbuh menjadi kesadaran bersama sebagai warga Negara. Untuk memahami tertib hidup bermasyarakat, maka sebaiknya sejak dini anak sudah dikenalkan dengan berbagai tata tertib hidup bermasyarakat, mulai dari tata tertib berlalu lintas sampai pada tata tertib kehidupan bermasyarakat yang lebih luas. (Bag Humas Res Bantul)
Share this article :

Posting Komentar

 
Link : Humas Polri | Humas Polda DIY | Humas Polres Bantul
Copyright © 2011. Humas Polres Bantul - All Rights Reserved
Operator Blogspot : Aiptu Agus Suryanto Published by Humas Polres Bantul
Proudly powered by Blogger