BUPATI BANTUL KUNJUNGI SITUS KERATON MATARAM ISLAM DI PLERET

Rabu, 04 Februari 20150 komentar



Desa Pleret adalah salah satu Desa / Kelurahan yang berada di wilayah Kecamatan Pleret, Kabupaten Bantul yang memiliki jejak sejarah berdirinya Kerajaan Mataram Islam.

Di kawasan ini terdapat petilasan zaman Mataram Islam yang dulu pernah berdiri Keraton Kerta (sekarang dusun Kerto, Pleret) didirikan oleh Sultan Agung Hanyokrokusumo sekitar tahun 1614 M dan pada tahun 1647 M dipindahkan ke Pleret.

Namun demikian peninggalan-peninggalan Keraton Mataram Islam di Pleret dapat dikatakan sangat minim, sehingga tidak begitu banyak membantu untuk memperkirakan bagaimana kira-kira bentuk Keraton tersebut pada zamannya.

Pada hari Senin, 02 Februari 2015 pukul 11.00 WIB Bupati Bantul Hj Sri Surya Widati bersama rombongan diantaranya Sekda Bantul Drs H Riyanto Msi, para Asisten, para pejabat SKPD serta didampingi Muspika Kecamatan Pleret diantaranya Camat Pleret Jazim Azis, SH, Kapolsek Pleret AKP Budi Kustanto, SH dan Danramil Pleret Kapten Inf. Waluyo mengunjungi bekas ibukota Mataram masa pemerintahan Sultan Agung di dusun Kerto, Pleret. kegiatan ini juga dihadiri oleh Lurah Desa Pleret H Norman Affandy,  Dukuh Kerto, Dukuh Kauman dan Dukuh Kedaton.

Di lokasi situs Keraton Kerta, Beliau dan rombongan menyaksikan sisa-sisa bekas bangunan keraton yang berupa umpak batu berukuran besar yang biasa digunakan sebagai landasan pilar utama atau soko guru bangunan keraton serta sisa-sisa susunan batu bata di sekelilingnya.

Selanjutnya Bupati Bantul mengunjungi situs Masjid Agung Kauman yang terletak di dusun Kauman, Pleret. Di tempat ini beliau menyaksikan bekas bangunan Masjid berupa susunan batu bata yang sebagian masih tertimbun tanah.

Bupati Hj Sri Surya Widati mengungkapkan kunjungan ini bertujuan untuk menyusun Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) dalam kurun waktu 5 tahun sebagai rencana pengembangan wisata dan budaya serta upaya melestarikan, menjaga dan merawat peninggalan-peninggalan Raja-raja Mataram yang ada di Bantul.

Selain mengunjungi cagar budaya di wilayah Pleret, Bupati Bantul pada hari yang sama juga mengunjungi cagar budaya yang ada di wilayah Imogiri dan Banguntapan.

Dalam kegiatan ini Polsek Pleret melaksanakan pengamanan hingga berakhir dalam keadaan aman, lancar dan kondusif. (Sihumas Pleret)

Share this article :

Posting Komentar

 
Link : Humas Polri | Humas Polda DIY | Humas Polres Bantul
Copyright © 2011. Humas Polres Bantul - All Rights Reserved
Operator Blogspot : Aiptu Agus Suryanto Published by Humas Polres Bantul
Proudly powered by Blogger