KAPOLSEK BANTUL HADIRI PERTEMUAN KAUM ROIS SEDESA TRIRENGGO DI DUSUN CEPOKO

Selasa, 10 Februari 20150 komentar



Bertempat di rumah Bpk. Hadi Khudhori Rt 04 Dsn. Cepoko Ds. Tri Renggo (Kaum Rois Cepoko), telah berlangsung pertemuan rutin Kaum Rois se Desa Tri Renggo, Selasa, 10 Februari 2015 pukul 09.30 Wib. Pertemuan ini rutin dilaksanakan setiap Selasa Kliwon untuk merekatkan tali silahturohmi dan meningkatkan pengetahuan serta kualitas SDM bagi kaum rois se desa Tri Renggo dalam melaksanakan tugas kemaslatan umat.

Hadir dalam kesempatan tersebut Kapolsek Bantul Kompol Fajar Pamuji, SH, Camat yang di wakili Kasi Penmas Bpk. Suwido Asmoro besrta Stafnya Tukirin, perwakilan KUA bapak Isngadi Fatah, perwakilan Puskesmas, Kesra Tri Renggo Maryatno, Mantan Kabag Pem Tri Renggo Waridi dan para kaum Rois se Desa sebanyak 32 Orang.

Dalam sambutanya, Kapolsek Bantul Kompol Fajar Pamuji, SH menyampaikan Polisi harus bekerjasama dengan kaum Rois dalam rangka menjaga situasi Kamtibmas yang kondusif di wilayah Bantul. Karena kaum rois memiliki tugas yang strategis di masyarakat sehingga nantinya dapat membantu polisi menangani konflik atau menyampaikan pesan pesan kamtibmas melaluli dakwah dakwahnya, katanya.

Selain itu Kapolsek Bantul juga menyampaikan gangguan kamtibmas terkini kepada kaum rois, seperti meningkatnya curas, jambret, penipuan via HP dan kenakalan remaja. Pada Kenakalan remaja ini kapolsek menitip pesankan kepada para kaum rois melalui dakwahnya untuk mengingatkan kepada warga masyarakat agar selalu mengawasi / memperhatikan perkembangan putra putinya sehingga mereka tidak tergoda dengan miras yang masih beredar di Bantul.

Sedangkan sambutan Bpk. Isngadi Fatah menyampaikan tentang Wali perkawinan mulai dari Ayah dari calon, Saudara laki-laki ayah, kakek dari calon hingga ke wali hakim.

Kemudian sambutan terakhir dari Kyai Muslih yang menyampaikan tentang pentingnya Salam dan menjawab salam serta dasar-dasarnya dari salam tersebut. Apabila kita bertemu atau akan berpisah dengan sesama muslim, diwajibkan mengucapkan salam yang telah diajarkan dalam Islam. Yakni Assalamu`alaikum wa rohmatullahi zoa barakatuh (Semoga Allah melimpahkan keselamatan, rahmat, dan barokah kepadamu). Muhammad Rosulullah saw. bersabda: "Jika salah seorang di antara kalian bertemu dengan saudaranya, maka hendaklah dia mengucapkan salam. Jika keduanya dipisahkan oleh pohon, dinding, atau batu, lalu bertemu kembali, maka hendaklah dia mengucapkan salam lagi.", katanya.

Orang yang mendapat ucapan salam, juga wajib menjawabnya. Apabila orang yang diberi salam itu sendirian, maka ia harus langsung menjawabnya. Jika yang diberi salam itu banyak, kewajiban menjawabnya adalah fardhu kifayah. Yakni cukuplah salah seorang atau beberapa orang di antara mereka yang menjawabnya. Ali ra. menuturkan, Rosulullah saw. bersabda: "Apabila ada sejumlah jamaah lewat, cukuplah salah seorang di antara mereka yang memberi salam. Demikian juga orang-orang yang diberi salam, cukup salah seorang di antannya yang menjawab." (HR. Abu Dawud)

Dalam menjawab salam juga disunnahkan secara lengkap. Keutamaan menjawab salam secara lengkap ditegaskan juga oleh Allah SWT. "Dan apabila kamu dihormati dengan suatu (salam) penghormatan, maka balaslah penghormatan itu dengan yang lebih baik, atau balaslah (penghormatan itu, yang sepadan) dengannya. Sungguh, Allah memperhitungkan segala sesuatu.’’ (QS. 4/An-Nisa’: 86).

Kini sudah saatnya kita menyebarkan salam sebagaimana yang dianjurkan oleh panutan kita Muhammad Rosulullah saw. Bukankah melaksanakan sunnahnya memperoleh imbalan pahala? Jadi mari kita membiasakan mengucapkan salam mulai dari sekarang. Setidaknya dalam keluarga kita sendiri, ketika mau berangkat dan mau masuk rumah. (Sihumas Bantul)

Share this article :

Posting Komentar

 
Link : Humas Polri | Humas Polda DIY | Humas Polres Bantul
Copyright © 2011. Humas Polres Bantul - All Rights Reserved
Operator Blogspot : Aiptu Agus Suryanto Published by Humas Polres Bantul
Proudly powered by Blogger