OLAHRAGA DAN KESENIAN MERIAHKAN PERESMIAN SENDANG NGEMBEL PAJANGAN

Kamis, 26 Februari 20150 komentar



Dalam memeriahkan acara peresmian Sendang Ngembel oleh Bupati Bantul, Panitia penyelenggara mengadakan berbagai kegiatan yang dimulai dari hari Minggu 22 Februari 2015 jam 07.00 Wib.

Pada jam 07.00 Wib digelar kegiatan funbike dengan star dari warung Ingkung Kuali Dk. Kalakijo Guwosari Pajangan yang diikuti ± 75 orang melewati berbagai daerah wisata di Pajangan hasil pengerjaan program PNPM MPd dan MP3KI.

Bersamaan dengan funbike di obyek wisata Sendang Ngembel diadakan jalan sehat dengan peserta sejumlah ± 1000 orang. Untuk kegiatan funbike dan jalan sehat ini disediakan banyak hadiah. Hadiah utama berupa 1 unit sepeda motor Yamaha Jupiter yang undianya akan dilakukan setelah acara peresmian Sendang Ngembel oleh Bupati Bantul. Selanjutnya pada jam 13.00 Wib diadakan Lomba memancing yang diikuti ± 200 peserta dari berbagai wilayah di Pajangan dan Bantul.

Sebelumnya pada jam 11.00 Wib dilakukan pentas kesenian Jathilan putri dari kelompok Pentas Kesenian Jathilan Wahyu Turonggo Mudho dari dusun Jambean Triwidadi dan Jathilan putri dari kelompok Jathilan Turonggo Seto Mudho Santoso dari Sabrang Kidul. Setelah pertunjukkan Jathilan Putri selesai, kemudian dilanjutkan dengan pertunjukkan Reog Gagak Rimang dari Mangir dengan pimpinan Sdr. Rio Saren.

Pada malam harinya sebagai puncak acara pada mulai jam 20.00 Wib dilakukan pagelaran Wayang Kulit dengan dalang Ki Hadi Sudarmo dan mengambil lakon Babat Alas Kuru Manggolo hingga pagi.

Seluruh rangkaian kegiatan ini mendapat pengamanan dari personil Polsek Pajangan, Koramil Pajangan dibantu Linmas Desa sendnagsari, dan Pemuda-Pemudi Dk. Beji Wetan yang dihadiri oleh ± 7.000 penonton.

Menurut Panitia diadakannya berbagai kegiatan olahraga dan pentas kesenian di Sendang Ngembel ini dimaksudkan untuk melestarikan tradisi nenek moyang serta ungkapan rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas rahmat dan karunia yang dilimpahkan kepada masyarakat.

Panitia juga berharap dengan adanya berbagai pentas kesenian di obyek wisata Sendang Ngembel ini dapat meningkatkan kepedulian dan pasrtisipasi masyarakat dalam pelestarian Kebudayaan asli daerahnya, meningkatkan kunjungan wisatawan baik nasional maupun insternasional, promosi budaya dalam taraf nasional dan internasional dan juga untuk memberikan hiburan kepada masyarakat.

Hingga selesainya seluruh rangkaian kegiatan olahraga dan pentas kesenian pada peresmian Sendang Ngembel situasi berakhir dalam keadaan aman kondusif. (Sihumas Sek Pajangan)


Share this article :

Posting Komentar

 
Link : Humas Polri | Humas Polda DIY | Humas Polres Bantul
Copyright © 2011. Humas Polres Bantul - All Rights Reserved
Operator Blogspot : Aiptu Agus Suryanto Published by Humas Polres Bantul
Proudly powered by Blogger