PENGAJIAN RUTIN ANGGOTA POLSEK BANTUL

Kamis, 05 Februari 20150 komentar



Pengajian rutin jajaran anggota Polsek Bantul setiap hari Kamis pagi kembali dilaksanakan, Kamis tanggal 5 Februari 2015 mulai jam 08.00 wib.

Pengajian dipimpin oleh Kapolsek Bantul Kompol Fajar Pamuji, SH yang diikuti jajaran anggota Polsek Bantul yang bergama Islam, dengan penceramah Ustadz Muchsin pengasuh Pondok Pesantren Putri Hidayatul Mubtadi-at Tajeman, Palbapang, Bantul.

Acara dimulai dengan pembacaan surat Yasiin yang dipimpin Ipda H. Slamet. Selesai pembacaan surat Yasiin dilanjutkan dengan pengajian oleh Ustadz Muchsin yang menyampaikan kajian rukun sholat. Dalam ceramahnya beliau menyampaikan, Rasulallah Saw bersabda: “Sholat adalah tiang agama, barangsiapa melaksanakan berarti ia menegakkan agama, dan barangsiapa meninggalkannya berarti ia menghancurkan agama”.
Rukun sholat dibagi menjadi 3 bagian yakni Rukun Qolbiy (Hati), Rukun Qouly (Ucapan) dan Rukun Fi’liy (Gerakan).

Rukun Qolbiy (Hati) hanya satu yaitu niat dalam hati. Adapun niat yang diucapkan adalah sunat hukumnya. Tetapi baik dilakukan untuk menuntun agar niat kita benar. Niat harus bersamaan dengan takbirotul ihrom.

Rukun Qouliy (Ucapan)  adalah rukun yang harus diucapkan dan orang yang sholat harus mendengar suaranya sendiri walaupun pelan. Rukun Qouliy ada 5 yaitu Takbirotul ihrom, Alfatihah, Tasyahud/Tasyahud akhir, Sholawat dan Salam yang pertama.

Sedangkan Rukun Fi’liy (Gerakan) adalah gerakan sholat yang sudah tertentu dan paten. Kalau kita sudah takbirotul ihrom, hanya gerakan sholat yang boleh dikerjakan.
Rukun Fi’liy ada 13 yaitu Berdiri bagi yang mampu, Ruku’, Thuma’ninah, I’tidal, Thuma’ninah, Sujud pertama, Thuma’ninah, Duduk diantara dua sujud, Thuma’ninah, Sujud kedua, Thuma’ninah, Duduk akhir dan Urut/tertib.

Selesai ceramah dilanjutkan dengan sesi Tanya jawab oleh anggota yang berkaitan dengan pelaksanaan ibadah sholat.

Kapolsek Bantul Kompol Fajar Pamuji, SH mengatakan, kegiatan ini merupakan program Polsek Bantul yang dilaksanakan secara rutinitas setiap Kamis dalam bidang pembinaan rohani dan mental personil, dengan tujuan untuk meningkatkan kualitas keimanan dan ketakwaan personil anggota Polsek Bantul sehingga menjadi kuat terhadap segala macam bentuk godaan di lapangan dan tentunya dengan harapan dapat meminimalisir segala macam bentuk pelanggaran, katanya. (Sihumas Bantul) 

Share this article :

Posting Komentar

 
Link : Humas Polri | Humas Polda DIY | Humas Polres Bantul
Copyright © 2011. Humas Polres Bantul - All Rights Reserved
Operator Blogspot : Aiptu Agus Suryanto Published by Humas Polres Bantul
Proudly powered by Blogger