SARASEHAN BUDAYA KESENIAN DALAM KEISTIMEWAAN DI PENDOPO RUMAH DINAS BUPATI BANTUL

Rabu, 04 Februari 20150 komentar



Bertempat di pendopo rumah dinas Bupati Bantul, berlangsung giat ”Sarasehan Budaya Kesenian Dakam Keistimewaan”, Selasa tanggal 3 Februari 2015 jam 10.00 wib.

Hadir dalam acara tersebut Kepala DPKAD DIY Drs Bambang Wisnu Handoyo, Kepala Dinas Kebudayaan DIY Drs Umar Priyono MPd, Kepala Dinas Kebudayaan Pemda Bantul Bambang Legowo, Ketua Dewan Pendidikan Bantul Drs HM Idham Samawi, Ketua DPRD DIY Yoeke Indra AL SH, Ons Untoro (Penggiat Budaya) dan kurang lebih 100 an seniman Bantul.

Acara tersebut dibuka oleh Bupati Bantul Hj. Sri Suryawidati yang inti sambutanya sebagai berikut, UU keistimewaan DIY tidak lepas dari perjuang rakyat DIY. Status keistimewaan DIY sebagai suatu integral dan pengesahaan UU keistimewaan bukan tujuan akhir tapi merupakan awal untuk meningkatkan kinerja. UU keistimewaan mengatur di antaranya kebudayaan  yang harus kita lestarikan agar tidak punah karena kebudayaan DIY tidak di punyai negara lain. Jangan sampai kebudayaan kita di klaim oleh negara lain.

Drs Bambang Wisnu Handoyo mengatakan, keseriusan Kabupaten Bantul dalam memajukan kebudayaan harus dibuktikan, karena budaya itu sendiri mempunyai banyak  cabang.  Salah satu hambatan danais adalah Sumber Daya Manusia yang kurang dari cukup sehingga anggaran danais tahun 2014 di Kabupaten Bantul belum terserap secara maksimal.

Kelompok-kelompok kebudayaan harus dapat berubah dengan cara membuat program yang baik dan dapat dipertanggungjawabkan. Jangan menganggap dana keistimewaan adalah hibah, karena penggunannya harus dapat dipertanggungjawabkan. Pembinaan kesenian tidak sebatas ketika akan pentas, tetapi proses pelatihan  harus diusulkan  agar bisa dianggarkan lewat danais. Jangan hanya ketika mau 'njatil saja mengusulkan ke pemerintah, tetapi proses pembinaannya juga harus tercover, kecil sekali jika pengajuan danais itu dilakukan ketika akan pentas, katanya.

Acara dilanjutkan dengan sesi tanya jawab interaktif serta diskusi dan selama berlangsungnya acara personil Polsek Bantul melakukan pengamanan hingga berakhir jam 12.30 wib dalam keadaan aman tertib. (Sihumas Bantul)

Share this article :

Posting Komentar

 
Link : Humas Polri | Humas Polda DIY | Humas Polres Bantul
Copyright © 2011. Humas Polres Bantul - All Rights Reserved
Operator Blogspot : Aiptu Agus Suryanto Published by Humas Polres Bantul
Proudly powered by Blogger