RAKOR BAHAS PEDAGANG KLITIKAN MEMNGHADAPI LOMBA SEKOLAH SEHAT

Rabu, 06 Mei 20150 komentar



Selasa, 05 Mei 2015 pukul 09.25 Wib, bertempat di ruang kerja Assek III Pemda Bantul berlangsung rapat koordinasi membahas Penataan Pedagang Klitikan dalam rangka persiapan menghadapi Lomba Sekolah Sehat tingkat nasional yang diwakili oleh SD Bantul Manunggal dan SMA 1 Bantul.

Hadir dalam kegiatan, Staf Ahli Bidang Hukum dan Politik Drs. Mahmudi, M.Si, Kepala Kantor Pengelolaan Pasar Slamet Santosa, SIP,  Camat Bantul, Perwakilan Polsek Bantul Ipda Suhirno, Perwakilan Koramil Bantul Letda Rosidi,  Perwakilan Dinas Kesehatan, Dinas Pendidikan, Dinas Perhubungan, Dinas PU, dan BLH Kab. Bantul, Lurah Desa Bantul, Ketua APSSI Unggas Pasar Bantul Sdr. Wisnu, Pembina pedagang klitikan Bpk. Susilo,  dan perwakilan pedagang klitikan.

Staf Ahli Bupati Bidang Hukum dan Politik Drs. Mahmudi, M.Si mengatakan bahwa rakor pada kesempatan ini dalam rangka menyongsong lomba sekolah sehat tingkat nasional yang diwakili oleh SD Bantul Manunggal dan SMA 1 Bantul. Untuk mendukung lomba sekaligus persiapan penghargaan Adipura maka para pedagang klitikan diharapkan bisa bekerjasama sekaligus turut serta berpartisipasi menciptakan lingkungan yang bersih di radius 500 m2. Lomba sekolah sehat akan dilaksanakan pada tanggal 04 Juni 2015. Kegiatan yang akan dilakukan bukanlah penggusuran pedagang klitikan namun hanya untuk menata saja sehingga kepada tuan rumah dan jalur yang dilewati diharapkan agar bersih.

Kepala Pengelolaan Pasar Slamet Santosa, SIP saat memimpin rakor tersebut menyatakan, bahwa rakor ini berkaitan dengan penataan pedagang klitikan dalam rangka persiapan lomba sekolah sehat tingkat nasional yang diwakili oleh SD Manunggal Bantul dan SMA 1 Bantul. Dengan adanya rencana lomba sekolah sehat tersebut Kantor Pengelolaan Pasar diminta untuk memfasilitasi penataan para pedagang pasar klitikan yang berada di jalur yang akan dilewati tim penilai menuju SD Bantul Manunggal.

Adanya pedagang klitikan di pasar unggas Bantul pernah muncul permasalahan berupa melubernya pedagang sehingga tidak mampu menampung dan mendekati SD Bantul Manunggal. Selanjutnya Kantor Pengelolaan Pasar telah berkoordinasi bersama pihak terkait untuk melakukan penataan terhadap pedagang klitikan guna mencari solusi yakni dengan memberi kesempatan untuk menempati dari pasar unggas bantul ke barat, namun perkembangannya dalam perlombaan nanti terdapat kriteria agar radius 500 meter dari lokasi harus bebas asap rokok baik penjual maupun puntung rokok sehingga kriteria tersebut harus dipenuhi dengan harapan Bantul mampu menjadi juara tingkat nasional. 

Dalam rangka kelancaran lomba tersebut maka perlu adanya solusi terbaik bagi para pedagang klitikan dengan harapan agar tidak ada pihak yang dirugikan.
Pada kesempatan tersebut Kepala Kantor Pengelolaan Pasar juga memberikan usulan untuk sementara waktu para pedagang klitikan akan ditempatkan di pasar Bantul menginggat realita yang ada pedagang klitikan berjualan mengikuti pasaran, dan kedepannya Kantor Pengelolaan Pasar berencana akan mengusahakan agar pedagang klitikan bisa masuk pasar secara tetap.

Menanggapi usulan tersebut pihak APSSI Unggas Pasar Bantul yang diwakili sdr Wisnu menyampaikan  bahwa persoalan pedagang klitikan yang bersangkutan tidak tahu menahu, karena pedagang klitikan belum ada wadah paguyuban sehingga aspirasi belum mewakili secara keseluruhan oleh karena itu keputusan ada pada Pak Dukuh. Di pasar ada tempat kosong sekitar 15 m2 dan diperkirakan bisa menampung sekitar 20 s/d 30 pedagang pada saat pelaksanaan lomba sekolah sehat dengan catatan berdesakan, namun apabila pedagang klitikan ada ide maka APSSI Unggas hanya menurut karena kapasitas APSSI hanya menampung dan menyalurkan aspirasi.

Sedangkan Sdr. Suradi perwakilan pedagang klitikan mengatakan bahwa pada dasarnya kami taat terhadap apa yang ditentukan oleh pihak yang berwenang, apakah akan dimasukan di pasar Bantul maupun tempat lain dengan syarat tempat tersebut memenuhi kapasitas semua pedagang klitikan yang ada, karena jika hanya bisa menampung sebagian pedagang nantinya akan menimbulkan rasa iri. Terkait  usulan akan disediakan tempat seluas 15 m2 di Pasar Bantul kami ucapkan terimakasih namun dengan catatan bisa menampung semua pedagang klitikan asal bantul yang jumlahnya sekitar 170 orang, dan apabila pada hari pelaksanaan lomba sekolah sehat  diminta libur , para pedagang klitikan akan menyanggupinya.

Rakor tersebut berakhir pukul 11.15 Wib berjalan aman dan lancer dengan pengamanan secara tertutup oleh Personil Polsek Bantul. (Sihumas Sek Bantul)

Share this article :

Posting Komentar

 
Link : Humas Polri | Humas Polda DIY | Humas Polres Bantul
Copyright © 2011. Humas Polres Bantul - All Rights Reserved
Operator Blogspot : Aiptu Agus Suryanto Published by Humas Polres Bantul
Proudly powered by Blogger