POLSEK PAJANGAN AMANKAN MERTI DUSUN TRI MANUNGGAL

Senin, 15 Juni 20150 komentar



Anggota Polsek Pajangan melaksanakan pengamanan Mujahadah dan pengajian dalam rangka Merti Dusun Tri Manunggal bertempat di rumah Kepala Dusun Kunden RT 03, Sendangsari, Pajangan, Kamis, 11 Juni 2015 jam 20.00 Wib. Pengamanan dipimpin oleh Kanit Provos Polsek Pajangan, Aiptu Basroni Achmadi. Tri Manunggal merupakan wadah perkumpulan dari tiga dusun yang ada di Desa Sendangsari, yaitu Dusun Kunden, Dusun Jaten dan Dusun Manukan.

Hadir dalam giat merti dusun tersebut Dukuh Kunden Giyono, Kabag Kesra Desa Sendangsari Sabari, Kabagpem Desa Sendangsari Sugiman, S.Pd, Kepala Dukuh Manukan Basiyo, Kepala Dukuh Jaten Jewal, Kaum Rois 3 Pedukuhan Budiarto, Muh. Bonari, Sugiat, Tokoh Masyarakat Tri Manunggal Murmo Wiyono, H. Paiman, H. Parjono, H. Suwiran dan warga masyarakat Tri Manunggal kurang lebih 800 orang. Pengajian sendiri diisi oleh Kompol H. M. Suparman, Kapolsek Kotagede Yogyakarta.

Dalam sambutannya, Dukuh Kunden menyampaikan bahwa kegiatan Merti Dusun Tri Manunggal oleh 3 Pedukuhan yakni Kunden, Jaten dan Manukan telah dilaksanakan sejak Tahun 1990 secara bergiliran. Merti Dusun ini bertujuan untuk melestarikan dan meneruskan tradisi adiluhung kesenian dan kebudayaan para leluhur.

Dukuh Kunden berharap dengan diselenggarakannya Merti Dusun Tri Manunggal ini persatuan dan kesatuan warga masyarakat di 3 pedukuhan menjadi lebih kuat serta   mendapat limpahan rezeki dari Allah SWT dengan hasil panen yang melimpah serta kesejahteraan masyarakatnya dapat meningkat.

Sementara itu, dalam pengajiannya Kompol H. M. Suparman menyampaikan bahwa orang yang mulia menurut Nabi Muhammad SAW adalah orang yang dicintai oleh Allah SWT. Menurut Kompol H. M. Suparman untuk menjadi manusia yang dicintai oleh Allah SWT, manusia harus bertaqwa kepadaNya, yaitu dengan melaksanakan perintahNya dan menjauhi segala laranganNya.

Bagi Kompol H.M. Suparman, pengajian dalam rangka merti dusun atau bersih dusun ini adalah untuk membersihkan hati kita lau mengisinya dengan iman, ihsan dan ikhsan. “Bersih dusun merupakn ungkapan rasa syukur kita kepada Allah SWT atas limpahan rezekiNya dan sebagai sarana kita untuk mendoakan para leluhur kita,” ujar Kompol H.M. Suparman.

Acara Mujahadah dan pengajian di Dusun Kunden dalam rangka Merti Dusun Tri Manunggal berakhir pada pukul 23.30 Wib dalam keadaan aman dan lancar. (Sihumas Sek Pajangan)
Share this article :

Posting Komentar

 
Link : Humas Polri | Humas Polda DIY | Humas Polres Bantul
Copyright © 2011. Humas Polres Bantul - All Rights Reserved
Operator Blogspot : Aiptu Agus Suryanto Published by Humas Polres Bantul
Proudly powered by Blogger