DISKUSI BERSAMA KOMUNITAS DISABLE PAJANGAN - SEDAYU DI BALAI DESA TRIWIDADI

Kamis, 02 Juli 20150 komentar



Rabu, 2 Juli 2015 jam 16.00 Wib bertempat di Balai Desa Triwidadi berlangsung Diskusi bersama Komunitas Disable Pajangan – Sedayu yang di selenggarakan oleh Ciqal (Center for Improving Qualified Activity in Life People with Disabilities).

Kegiatan dihadiri Bhabinkamtibmas Desa Triwidadi Aiptu Ngadiman, Koramil Pajangan Serma Kasimin, Lurah Desa Triwidadi Slamet Riyanto, Puskesmas Pajangan Purwidyaningsih, Bidan Desa Siti Thoharoh, Ciqal Dwi Suka dan Arni Surwanti, RBM (Rehabilitasi Bersumberdaya Masyarakat) Pajangan, Kepala Dukuh dan penyandang Disabilitas Pajangan Sedayu sejumlah 25 orang.

Kegiatan bertemakan “Pengorganisasian untuk memberikan layanan bagi perempuan Disabilitas korban kekerasan seksual”. Ibu Arni Surwanti dari Ciqal mengharapkan  bahwa permasalahan kasus Sosial dan Hukum kaum Disabilitas jangan sampai ditelantarkan seperti kekerasan seksual. Kerjasama dari berbagai pihak sangat dibutuhkan untuk penanganan kasus ini. Masyarakat dan keluarga Disabilitas harus membantu dalam rangka pendataan oleh pihak Desa karena sangat berguna sekali untuk penanganan orang disabilitas dan berkaitan hak-hak mereka sebagai warga Negara Indonesia.

Aipda Ngadiman menyikapi permasalahan tersebut menyampaikan bahwa hak warga Negara Indonesia dimuka Hukum adalah sama. Elemen masyarakat, keluarga korban, LSM dan Pemerintah setempat dapat membuat Laporan Polisi apabila ada kasus Hukum seperti kekerasan seksual terhadap komunitas Disabilitas, jadi tidak harus korban yang melaporkan ke pihak Kepolisian. Minimal ada dua alat bukti Hukum seperti korban, saksi, barang bukti maupun tersangka harus disertakan. Penanganan permasalahan Sosial dan Hukum terhadap Komunitas Disabilitas bisa diselesaikan ditingkat Desa terlebih dahulu sebelum melangkah ke penegakkan Hukum. Pihak Kepolisian akan siap membantu penanganan permassalahan Hukum kaum Disabilitas tersebut.

Acara ditutup dengan buka puasa bersama dalam kedaan aman tertib. (Sihumas Sek Pajangan)

Share this article :

Posting Komentar

 
Link : Humas Polri | Humas Polda DIY | Humas Polres Bantul
Copyright © 2011. Humas Polres Bantul - All Rights Reserved
Operator Blogspot : Aiptu Agus Suryanto Published by Humas Polres Bantul
Proudly powered by Blogger