HUT BHAYANGKARA KE 69, WAKA POLDA DIY SEBAGAI NARA SUMBER TALK SHOW DI TVRI YOGYAKARTA

Kamis, 02 Juli 20150 komentar



Dalam rangka HUT Bhayangkara ke 69 Bid Humas Polda DIY melaksanakan Talk Show dalam program AMANDA (aman dalam nada) yang disiarkan langsung dari Studio I TVRI Yogyakarta jalan Magelang Km 5 Yogyakarta, Kamis, 02 Juli 2015 pukul 18.00 Wib.

Kegiatan ini mengambil tema “Melalui Revolusi Mental, Polri Siap Memantapkan Solidaritas Dan Profesionalisme Guna Mendukung Pembangunan Nasional”. Sebagai nara sumber waka Polda DIY Kombes Pol Drs. Imam Sugianto M.Si dan sosiolog UGM. DR. Arie Sujito, M.SI dihadiri oleh para pejabat teras Polda DIY, perwakilan anggota dari Polres se Polda DIY. 

Adapun perwakilan dari Polres Bantul adalah Kompol Suharno, SH, Kompol Supardi, Ipda Agus Supraja, Aiptu Agus Suryanto dan Aiptu Banaji.

Acara ini dimeriahkan dengan dengan pentas Group Band Polisi Polres Sleman yang meghadirkan penyanyi dari Polwan maupun PNS Polda DIY.

Dalam acara tersebut Waka Polda DIY menyampaikan antara lain bahwa untuk mempercepat implementasi 11 program prioritas kerja Kapolri Jendral Polisi Badrodin Haiti, Polda DIY telah membentuk beberapa Satuan Tugas (Satgas) dengan penjabaran tugas sesuai bidang tugas masing-masing.

Disebutkan, Kapolri memiliki visi “Pemantapan soliditas dan profesionalisme Polri guna mendukung terwujudnya Indonesia yang berdaulat, mandiri dan berkepribadian berdasarkan gotong royong”. Untuk menjalankan visi itu, Kapolri menetapkan 8 misi yaitu memantapkan soliditas dengan melakukan reformasi internal Polri dibidang SDM, Sarpras  dan anggaran.

Selain itu, pelaksanaan revolusi mental SDM Polri melalui perbaikan sistem rekruitmen, peningkatan kesejahteraan, Diklat serta pengawasan, memperkuat kemampuan pencegahan kejahatan dengan landasan prinsip “ pemolisian proaktif (Proactive Policing) dan pemolisian yang berorientasi pada penyelesaian akar masalah (Problem Oriented Policing), memacu terbentuknya postur Polri yang lebih dominan sebagai pelayan, pengayom dan pelindung masyarakat.

"Kemudian, meningkatkan pelayanan yang lebih prima kepada publik, meningkatkan kemampuan deteksi untuk memahami potensi akar masalah gangguan Kamtibmas, meningkatkan kemampuan mediasi dan solusi non refresif lainnya dalam menyelesaikan masalah sosial yang berpotensi mengganggu kamtibmas, serta meningkatkan kemampuan penegakan hukum yang profesional," ujarnya.

Dijelaskan, untuk mengimplementasikan visi dan misi Kapolri itu, telah disusun 11 program prioritas 100 hari kerja Kapolri yaitu penataan dalam pembinaan personel, dalam rangka mewujudkan personel Polri yang tangguh dalam memberikan pelayanan prima terhadap masyarakat, penataan kelembagaan serta meningkatkan budaya anti korupsi, dimana bukan menjadi rahasia mendapat stigma masih adanya oknum Polri yang bermain mata dengan pihak berperkara.

Kemudian, lanjutnya, peningkatan profesionalisme anggota Polri, profesionalisme menjadi modal utama dalam memberikan Yanmas yang prima, termasuk memberikan pengayoman dan ketertiban  masyarakat, meningkatkan kesejahteraan Polri serta pemenuhan Sarpras khusus, peningkatan perlindungan terhadap warga Negara dalam rangka peningkatan rasa aman. Program ini menjadi titik balik yang belakangan masyarakat diteror dengan aksi begal di berbagai tempat, membangun partisipasi publik dalam pengamanan lingkungan.

"Lalu, mengintensifkan sinergitas polisional dengan kementerian dan lembaga, meningkatkan Gakkum yang profesional, objektif, dan bebas KKN, mempersiapkan rencana pengamanan dan rencana kontijensi Pemilukada serentak, penguatan pengawasan Polri, program ini khusus ditingkat daerah yakni Itwasda dan tingkat Mabes yakni Itwasum, karena dengan pengawasan jajaran Polri dapat menjalankan tugas dan fungsinya secara profesional, transparan dan akuntabel, serta program Quick Wins Polri," jelasnya.

Share this article :

Posting Komentar

 
Link : Humas Polri | Humas Polda DIY | Humas Polres Bantul
Copyright © 2011. Humas Polres Bantul - All Rights Reserved
Operator Blogspot : Aiptu Agus Suryanto Published by Humas Polres Bantul
Proudly powered by Blogger