PANEN RAYA PADI KELOMPOK TANI RANDU GUMBOLO DUSUN MRISI KASIHAN

Kamis, 01 Oktober 20150 komentar




Di tengah musim kemarau panjang yang melanda Bantul, sejumlah wilayah tetap bisa menanam padi dengan baik dan mendapat hasil panen yang memuaskan. Seperti Kelompok Tani Randu Gumbolo Dusun Mrisi, Tirtonirmolo, Kasihan, yang melakukan panen raya, Rabu, 30 September 2015.

Kegiatan ini terselenggara atas kerjasama Dusun Mrisi dengan Dispertan dan BPTP DIY, Kodim 0729 Bantul, Dispertahut dan BKP3 Bantul. Hadir dalam acara tersebut Dirjen Tanaman Pangan RI yang diwakili Dir Pasca Panen Tanaman Pangan Ir Tri Agustin Satriani MM, Dir Perlindungan Tanaman Pangan Dr Ir Dwi Iswari MSc, Kepala Dinas Pertanian Prov DIY Ir Sasongko, PJ Bupati Bantul Drs Sigit Sapto Raharjo, Kepala Dipertahut Bantul Partogi Dame Pakpahan, Dandim 0729 Bantul Letkol Kav Tumadi S.Sos, Danramil Kasihan Mayor Inf Nurhadi, Kapolsek Kasihan Kompol Suwandi, Lurah Desa Tirtonirmolo H Marwan MS dan tamu undangan lainnya.

Pj Bupati Bantul Drs Sigit Sapto Raharjo MM dalam sambutannya menyampaikan Pemerintah pusat menentukan target untuk Kabupaten Bantul yaitu dengan tanah seluas 32.879 Ha, luas panen 31.050 Ha, produksi sebesar 203.174 ton GKG dengan produktivitas 65,43 Kuintal/Ha. Dari target tersebut realisasi yang dicapai sappai akhir agustus 2015 luas tanam seluas 18.218 Ha dan luas panen 24.175 Ha dengan produksi sebesar 156.580,89 ton GKG, sehingga kekurangan yang harus dicapai sebesar 46.593,11 ton GKG.

Kita harus menyadari bahwa dengan banyaknya alih fungsi lahan pertanian menjadi pemukiman maupun industri maka perlu koordinasi antara semua pihak untuk pengendalian hal tersebut. Sigit Sapto Raharjo juga menyampaikan rasa bangganya karena di wilayah Dusun Mrisi masih banyak lahan pertanian yang masih produktif sehingga pemberian bantuan benih, traktor, diesel dan pupuk dapat dimanfaatkan dengan baik oleh kelompok tani Randu Gumbolo 1.

Kegiatan dilanjutkan dengan penyerahan secara simbolis alat produksi tanaman pangan berupa pompa air, alat perontok padi dan alat pemanen kepada kelompok tani di wilayah Kecamatan Kasihan. Dalam kesempatan ini juga diadakan demontrasi alat panen dari Quick Trackor bersama Harvester Quick 140R dan berakhir pukul 11.30 wib berjalan dengan aman dan lancar. (Sihumas Polsek Kasihan)


Share this article :

Posting Komentar

 
Link : Humas Polri | Humas Polda DIY | Humas Polres Bantul
Copyright © 2011. Humas Polres Bantul - All Rights Reserved
Operator Blogspot : Aiptu Agus Suryanto Published by Humas Polres Bantul
Proudly powered by Blogger