POLSEK SEDAYU RAZIA SISWA SMP PEMBAWA MOTOR

Kamis, 19 November 20151komentar



Puluhan unit kendaraan sepeda motor siswa Sekolah Menengah Pertama di Sedayu diamankan petugas Polsek Sedayu dalam razia yang digelar pada Rabu, 18 November 2015 pukul 09.00 Wib.

Dalam razia tersebut, sebanyak 30 unit sepeda motor yang diparkir di pekarangan warga berhasil diamankan petugas. Setelah melakukan pemeriksaan, sebanyak 4 unit sepede motor terpaksa ditilang oleh petugas karena si pemilik tak dapat menunjukkan kelengkapan surat-suratnya. Sedangkan sisanya sebanyak 26 unit,  dilakukan pembinaan kepada pemiliknya.

Panit 1 Binmas Polsek Sedayu, Ipda Agus Supraja yang memimpin razia mengungkapkan razia ini sengaja digelar berdasarkan adanya laporan dari masyarakat bahwa banyak siswa SMP di Sedayu yang membawa sepeda motor dan diparkir disembarang tempat sehingga menimbulkan kerawanan terjadinya curanmor. Selain itu, Agus Supraja juga menambahkan tujuan digelarnya razia kendaraan ini adalah sebagai wujud komitmen dari Polsek Sedayu untuk menekan angka kecelakaan lalu lintas yang menimpa pelajar.

Dijelaskan, program penertiban dilakukan karena mayoritas siswa pembawa motor tersebut belum memiliki SIM. Oleh karena itu, dalam penertiban tersebut siswa langsung dilakukan pembinaan dan membuat surat pernyataan tidak membawa motor ketika ke sekolah. Menurutnya, ketika siswa membawa motor padahal belum cukup umur sangat berisiko bagi keselamatan. Baik bagi keselamatan pribadinya sendiri dan orang lain. "Kami berusaha mengingatkan, mereka masih punya masa depan panjang, jangan sampai ada hal-hal tidak diinginkan menimpa mereka," ujar Ipda Agus Supraja.

Menurut Ipda Agus, dalam upaya melakukan penertiban tidak bisa diserahkan sepenuhnya ke sekolah atau kepolisian. Namun semua pihak harus ikut mendukung program itu. Mulai dari sekolah sebagai tempat menuntut ilmu serta keluarga tempat anak tumbuh dan berkembang. "Sekolah, keluarga harus mengambil peran sesuai porsinya demikian juga kami dari kepolisian, dengan demikian programnya bisa berjalan dan berhasil," ujarnya.

Razia yang dilaksanakan tersebut merupakan langkah prefentif untuk menekan kenakalan remaja, terutama bagi mereka yang masih duduk di bangku sekolah. "Terhadap siswa yang terkena razia akan kita serahkan ke sekolah masing-masing untuk selanjutnya diberikan pembinaan serta pemahaman," tutupnya. (Sihumas Polsek Sedayu)
Share this article :

+ komentar + 1 komentar

Posting Komentar

 
Link : Humas Polri | Humas Polda DIY | Humas Polres Bantul
Copyright © 2011. Humas Polres Bantul - All Rights Reserved
Operator Blogspot : Aiptu Agus Suryanto Published by Humas Polres Bantul
Proudly powered by Blogger