TEAM GABUNGAN POLSEK SEWON DAN DINAS PERHUBUNGAN BANTUL LAKSANAKAN UJI PETIK ANGKUTAN UMUM

Rabu, 08 Agustus 20120 komentar


Untuk mengantisipasi dan mencegah terjadinya kecelakaan lalu-lintas (laka-lantas) diwilayah Kabupaten Bantul selama masa Lebaran terutama saat H-7 sampai dengan H+7, jajaran Dinas Perhubungan Pemerintah Daerah Bantul bersama dengan jajaran Polsek Sewon melaksanakan uji petik bagi kendaraan angkutan barang dan angkutan umum. Kegiatan uji petik dilaksanakan pada hari hari Rabu tanggal 8 Agustus 2012 mulai pukul 09.00 Wib di Piramid, Jalan Parangtritis Sewon, Bantul. Dalam kegiatan uji petik kendaraan, setiap kendaraan angkutan barang dan angkutan  umum diberhentikan oleh anggota Polsek Sewon. Kemudian jajaran Dinas Perhubungan Bantul memeriksa kendaraan, mulai dari ijin trayek maupun kelaikan kendaraan, seperti kondisi roda, rem dan lainnya.

Seperti biasa, pada masa Lebaran, volume kendaraan selalu meningkat dan rawan akan terjadinya kecelakaan lalu-lintas. Jangan sampai masyarakat yang akan merayakan hari kemenangan / Hari Raya Idhul Firi 1433 Hijriyah tidak jadi merayakannya karena mengalami kecelakaan lalu-lintas. Maka dari itu, kami mencoba mengantisipasi dengan melakukan uji petik bagi kendaraan angkutan barang dan angkutan umum, seperti bus, truck, travel dan sebagainya, jelas Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Bantul, Eddy Susanto saat pelaksaaan uji petik dan emisi kendaraan di Piramid, jalan Parangtritis Sewon, Bantul, Rabu tanggal 8 Agustus 2012. 

Dinas Perhubungan juga menyiapkan jalur alternatif untuk mencegah kemacetan arus lalu-lintas dijalan pada saat Lebaran berlangsung. Arus mudik Lebaran nanti diprediksikan akan terjadi peningkatan volume kendaraan mencapai 20%. Biasanya puncak peningkatan volume kendaraan terjadi pada H-3 hingga H+4.

Lebih lanjut Kepala Dinas Perhubungan Bantul, Eddy Susanto mengatakan, pada Lebaran tahun ini Dishub menyiapkan tiga unit bus on call selama 24 jam non stop. Bus ini akan beroperasi mulaiH-7 hingga H+7 Lebaran. Menurutnya, bus on call disiapkan untuk mengakomodir kebutuhan warga atau pemudik yang akan bepergian. Tiga bus on call akan berkonsentrasi dan dipusatkan di tiga jalur yakni seputaran Jalan Bantul, kawasan Dongkelan serta Jalan Parangtritis yakni arah Terminal Giwangan ke selatan. Masing-masing bus memiliki kapasitas 25 orang.

Share this article :

Posting Komentar

 
Link : Humas Polri | Humas Polda DIY | Humas Polres Bantul
Copyright © 2011. Humas Polres Bantul - All Rights Reserved
Operator Blogspot : Aiptu Agus Suryanto Published by Humas Polres Bantul
Proudly powered by Blogger