BHABINKAMTIBMAS DESA PANGGUNGHARJO HADIRI DEKLARASI STOP BUANG AIR BESAR SEMBARANG

Jumat, 31 Oktober 20140 komentar



Bhabinkamtibmas desa Panggungharjo Aipda Jedik Prastowo menghadiri Deklarasi Stop Buang Air Besar Sembarang (BABS) di Pedukuhan Jotawang, Panggungharjo, Sewon, Bantul, Sabtu pagi 25 Oktober 2014 dan di Pedukuhan Krapyak Wetan dan Krapyak Kulon pada tanggal 26 Oktober.

Hadir dalam deklarasi ini, Camat Sewon, Lurah Desa, TP PKK Kecamatan Sewon, Polsek Sewon, KUA Sewon, Puskesmas Sewon. Dalam deklarasi ini dukuh mendeklarasikan gerakan Stop BABS selanjutnya Camat Sewon menerima deklarasi ini dan menyerahkan sertifikat STBM (Sanitasi Total Berbasis Masyarakat).

Nantinya deklarasi ini akan dilaksanakan di pedukuhan lain yaitu : Salakan, Saman, Wojo, Demangan, Randubelang. Melalui deklarasi ini diharapkan warga mempunyai komitmen untuk mengubah pola hidup menuju perilaku hidup sehat dan bersih.

Lebih jauh tentang STBM
 Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) merupakan pendekatan untuk merubah perilaku higiene dan sanitasi melalui pemberdayaan masyarakat dengan metode pemicuan. STBM menjadi acuan nasional untuk program sanitasi berbasis masyarakat sejak lahirnya Kepmenkes No 852/Menkes/SK/IX/2008 tentang Strategi Nasional Sanitasi Total Berbasis masyarakat.

STBM memiliki 6 (enam) strategi nasional, yaitu: 1. Penciptaan lingkungan yang kondusif,  2. Peningkatan kebutuhan sanitasi,  3. Peningkatan penyediaan sanitasi,  4. Pengelolaan pengetahuan, 5. Pembiayaan dan 6. Pemantauan dan evaluasi

Sanitasi Total Berbasis Masyarakat adalah 1. Program mengusung non subsidi pembangunan sarana jamban tingkat rumah tangga, 2. Program sanitasi yang meningkatkan akses sanitasi dan perubahan perilaku higiene, 3. STBM adalah program sanitasi yang menyasar langsung ke tingkat rumah tangga dan 4. STBM berfokus pada perubahan perilaku, bukan pembangunan sarana. (Sihumas Sewon)

Share this article :

Posting Komentar

 
Link : Humas Polri | Humas Polda DIY | Humas Polres Bantul
Copyright © 2011. Humas Polres Bantul - All Rights Reserved
Operator Blogspot : Aiptu Agus Suryanto Published by Humas Polres Bantul
Proudly powered by Blogger