SAFARI RAMADHAN DI DESA NGESTIHARJO KASIHAN

Jumat, 04 Juli 20140 komentar



Jumat, 04 Juli 2014 pukul 08.00 Wib di Aula Balai Desa Ngestiharjo Kasihan Bantul telah dilaksanakan safari ramadhan / pengajian pagi sebagai penganti giat senam bersama Muspika Kasihan selama bulan puasa Ramadhan.

Safari Ramadhan ini dihadiri oleh Camat Kasihan Bapak Drs Sukendro, Kepala KUA kecamatan Kasihan Bapak H Wiharno, Sag, Kabag Kesra Desa Ngestiharjo Bapak H Sirojudin, Kanit Lantas Polsek Kasihan AKP Tukirin dan perwakilan masing masing instansi / kantor di wilayah kecamatan Kasihan.

Dalam kesempatan ini Kepala KUA kecamatan Kasihan Bapak H Wiharno Sag menyampaikan tauziah tentang Sidang isbat (secara harfiah isbat berarti penyungguhan, penetapan, dan penentuan) adalah sidang penetapan dalil syar'i di hadapan hakim dalam suatu majelis untuk menetapkan suatu kebenaran atau peristiwa yang terjadi. Sidang isbat juga bisa dilakukan dengan kedatangan sang penuntut yang meminta haknya atau mencegah terjadinya penolakan terhadap hak tersebut. Jika tuntutannya dipenuhi oleh hakim sesuai dengan ketetapan syar'i, maka hakim mencegah penolakan terhadap haknya dan mengabulkan tuntutannya. Dalam kondisi ini, seorang penuntut diwajibkan memberikan bukti tuntutannya, sementara tergugat harus mengucapkan sumpah jika ingin menolak tuntutan.

Namun di Indonesia secara populer sidang isbat sering dikaitkan dengan penetapan datangnya bulan Ramadhan, Idul Fitri dan Idul Adha. Dengan adanya sidang isbat maka penetapan awal ramadhan berdasarkan munculnya bulan yang bisa dilihat secara kasat mata, dan pemerintah menetapkan awal ramadhan berdasarkan hasil dari sidang isbat tersebut dan pemerintah juga memberikan kebebasan kepada ormas islam (Muhamadiyah) yang akan menentukan awal ramadhan berdasarkan hisab wujudul hilal. (Sihumas Kasihan)

Share this article :

Posting Komentar

 
Link : Humas Polri | Humas Polda DIY | Humas Polres Bantul
Copyright © 2011. Humas Polres Bantul - All Rights Reserved
Operator Blogspot : Aiptu Agus Suryanto Published by Humas Polres Bantul
Proudly powered by Blogger