UPACARA PEMBINAAN TRADISI BHAYANGKARA KE 68 TAHUN 2014 DI POLRES BANTUL

Selasa, 01 Juli 20140 komentar



Kapolres Bantul AKBP Surawan SIK memimpin upacara Pembinaan Tradisi Bhayangkara ke 68 di halaman Mapolres Bantul, Selasa, 1 Juli 2014 pukul 08.00 Wib. Sebagai Perwira Upacara AKP Maryadi, komandan upacara Iptu Boedi Hariyanto, SH dan pengucap Tribrata Bripka Sumarjono didampingi oleh Bgigadir Danang dan Brigadir Guntur.

Upacara di ikuti oleh Waka Polres Bantul, Para pejabat Teras Polres Bantul, para Kapolsek, para Perwira, Bintara dan PNS serta purnawirawan Polri.

Amanat Presiden Republik Indonesia Prof. Dr. H. Susilo Bambang Yudhoyono yang dibacakan oleh Kapolres Bantul menyampaikan bahwa atas nama negara, pemerintah, dan juga pribadi, saya ingin menyampaikan ucapan selamat Hari Bhayangkara kepada segenap anggota dan Keluarga Besar Kepolisian Negara Republik Indonesia (POLRI) di seluruh tanah air.

Pada kesempatan yang membahagiakan ini, saya juga ingin menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan yang tulus atas kinerja dan darma bakti yang telah saudara-saudara berikan kepada masyarakat, bangsa, dan negara demi tegaknya hukum serta terciptanya keamanan dan ketertiban masyarakat di seluruh tanah air.

Secara khusus, saya juga ingin menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan yang tulus, kepada para Bhayangkara Negara yang dengan tulus dan penuh kesungguhan bertugas di pedalaman, wilayah perbatasan, wilayah terpencil, pulau-pulau terdepan, serta yang sedang mengemban misi internasional di luar negeri. Saudara-saudara telah dan sedang melaksanakan tugas yang mulia, terhormat dan membanggakan kepada bangsa dan negara serta dunia internasional.

Saya berharap, melalui momentum peringatan Hari Bhayangkara tahun ini, segenap anggota Polri dapat lebih memberikan pelayanan, perlindungan, dan pengayoman dengan penuh kesungguhan, keteguhan, keikhlasan, serta pelayanan dan pengabdian terbaik kepada masyarakat.

Hadirin sekalian yang saya hormati,
Peringatan Hari Bhayangkara tahun ini terasa khidmat, karena dilaksanakan bersamaan dengan kaum muslimin menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadhan. Bulan suci yang penuh berkah dan ampunan Allah SWT. Pada saat yang sama, rakyat Indonesia juga saat ini tengah menyambut pemilihan Presiden dan Wakil Presiden untuk Periode 2014-2019.

Kita patut bersyukur, sejauh ini proses demokrasi di negara kita berlangsung teduh dan damai. Seluruh rangkaian dan jadwal kegiatan Pemilu Tahun 2014 sudah berjalan dengan lancar, aman, dan tertib. Semuanya itu tidak lepas dari kinerja Polri bekerjasama dengan seluruh komponen bangsa, dalam mengamankan Penyelenggaraan Pemilu 2014.

Kita berharap, Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden pada tanggal 9 Juli mendatang sebagaimana pemilihan umum legislatif yang lalu dapat berjalan dengan baik. Kita harus dapat menunjukkan kepada dunia, bahwa bangsa dan negara kita telah semakin matang dalam berdemokrasi.

Saudara-saudara.
Tema yang diangkat pada Hari Bhayangkara tahun ini saya niiai memiliki tiga kata kunci yang sangat penting yaitu keinginan melakukan sinergi dalam pelaksanaan tugas kepolisian dengan seluruh pemangku kepentingan terkait; keinginan mewujudkan keamanan dalam negeri yang mantap; serta keinginan untuk menyukseskan pengamanan Pemilu 2014 dan keberlanjutan pembangunan nasional. Ketiga kata kunci dari tema itu sejalan dengan tugas pokok dan fungsi Polri sebagai bhayangkara negara. Sinergi dengan seluruh pemangku kepentingan ini mencerminkan langkah kerjasama aktif dari jajaran kepolisian untuk mewujudkan kesamaan persepsi dan tindakan demi terciptanya kondisi keamanan dan ketertiban masyarakat, tegaknya hukum, serta terselenggaranya perlindungan, pengayoman dan pelayanan masyarakat secara lebih proaktif. Tema itu juga merefleksikan komitmen Polri untuk memantapkan keamanan dalam negeri yang merupakan bagian dari tugas utama Polri dalam memberi rasa aman dan tertib kepada masyarakat. Di tengah tahun politik saat ini, tema itu juga mencerminkan sikap Polri yang netral dan terbebas dari semua afiliasi politik manapun.

Saya berharap melalui tema besar hari Bhayangkara tahun ini, segenap anggota Polri dapat memberikan pelayanan yang lebih baik Bagi kepada masyarakat, sekaligus dapat lebih menjamin keamanan dan ketertiban di seluruh tanah air.

Hadirin sekalian yang saya hormati.
Kita patut bersyukur, dalam sepuluh tahun terakhir ini, Polri telah menunjukkan peningkatan kinerja yang baik. Saya sungguh merasa bangga atas berbagai prestasi yang telah diukir oleh Polri dalam mengemban tugas sebagai pemelihara keamanan dan ketertiban, pelindung, pengayom dan pelayan masyarakat, sekaligus sebagai aparat penegak hukum.

Jajaran Polri telah mampu menciptakan rasa aman dan tenteram di masyarakat, memberikan pelayanan kepada masyarakat, serta terus melindungi masyarakat dari berbagai aksi kejahatan dan tindakan tindakan anarkis lainnya.

Segenap jajaran Polri dengan kemampuan yang makin handal, secara gigih dan intensif terus melawan dan memberantas beragam kejahatan, mulai dari kejahatan konvensional, kejahatan lintas negara transnational crime seperti peredaran gelap narkotika, penyelundupan, hingga kejahatan dunia maya.

Polri juga tidak pernah kenal lelah dan menyerah dalam memberantas terorisme. Dalam beberapa hari terakhir, Polri tetap menjalankan misi pemberantasan terorisme dan berhasil menangkap para terduga teroris yang mengancam kehidupan masyarakat dan keselamatan negara.

Segenap Anggota Polri yang saya cintai dan saya banggakan,
Sebelum mengakhiri amanat ini, saya ingin menyampaikan pesan dan harapan saya pada segenap Bhayangkara Negara dimanapun saudara bertugas dan berada.

Pertama, junjung tinggi kode etik Polri, yang merupakan kristalisasi dari nilai-nilai Pancasila, Tribrata, dan Catur Prasetya POLRI. Jadikan pelaksanaan tugas saudara sebagai bagian dari ibadah kepada Tuhan Yang Maha Esa. Tingkatkan pengawasan
internal untuk mewujudkan pelayanan Polri yang bebas dari kolusi, korupsi dan nepotisme;

Kedua, tingkatkan pemeliharaan situasi keamanan dan ketertiban masyarakat dengan meningkatkan deteksi dini dan peringatan dini. Perluas pelaksanaan program Quick Wins. Tingkatkan standarisasi dan kualitas pelayanan publik, sebagai bagian dari upaya memperkokoh kepercayaan trust building dari masyarakat terhadap jajaran kepolisian;

Ketiga, perkokoh institusi Polri dalam mewujudkan tata pemerintahan yang baik dan bersih good governance and clean government Kokohnya institusi Polri akan menjadi pondasi bagi suksesnya Rencana Pengembangan dan Pembangunan Polri Tahap III di tahun 2015-2025 mendatang. Melalui rencana ini, diharapkan dalam  satu dasawarsa ke depan, Polri akan makin meningkatkan pelayanan publik yang lebih berbasis kemitraan Polri dengan masyarakat.

Keempat, tingkatkan kapasitas personal dan institusional Polri. Kapasitas personal dan institusional Polri sangat penting tidak hanya untuk memantapkan kondusifitas keamanan dalam negeri, tetapi juga memastikan tegaknya supremasi hukum di wilayah yurisdiksi Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Kelima, tampilkan sikap keteladanan dan kepemimpinan yang melayani dari seluruh jajaran pimpinan Polri di berbagai tingkatan. Pimpinan Polri di berbagai tingkatan harus berani mengambil sikap dan tampil di depan dalam menyelesaikan masalah di tengah masyarakat. Atasi dengan cepat dan cegah meluasnya setiap masalah yang timbul agartidak menjadi isu nasional.

Keenam, secara khusus dalam menghadapi Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden pada tanggal 9 Juli mendatang, saya instruksikan jajaran Polri untuk mempersiapkan diri dengan baik dalam memberikan pelayanan pengamanan dan penegakan hukum. Jaga netralitas anggota Polri. Lakukan koordinasi dan sinergi dengan KPU sebagai penyelenggara pemilu, dengan Bawaslu selaku lembaga pengawas penyelenggaraan pemilu, serta aparat penegak hukum lainnya dalam menyelesaikan tindak pidana Pemilu.

Ketujuh, dalam menghadapi Hari Raya Idul Fitri, saya minta jajaran kepolisian untuk memberikan pengamanan, perlindungan, pelayanan, kelancaran, dan ketertiban masyarakat dengan sebaik baiknya. Mari kita ciptakan rasa aman dan nyaman bagi para pemudik yang lebih baik lagi dibandingkan tahun-tahun sebelumnya.

Akhirnya, pada Hari Bhayangkara ke-68 ini, yang merupakan Hari Bhayangkara terakhir saya menyampaikan amanat kepada segenap jajaran Polri, sebagai Presiden Rl, saya beserta Ibu Negara mohon pamit, seraya mengucapkan terima kasih atas semua pelaksanaan tugas konstitusional Polri dalam ikut menyukseskan pembangunan selama sepuluh tahun terakhir. Insya Allah, Polri ke depan dapat lebih profesional, modern, dan tampil sebagai polisi berkelas dunia.

Semoga Tuhan Yang Maha Kuasa senantiasa memberikan kekuatan, ketegaran, keuletan, kesabaran, dan ketabahan kepada segenap jajaran Polri dalam mengemban tugas pengabdian terbaiknya bagi masyarakat, bangsa dan negara.

Dalam pelaksanaan upacara tersebut juga diisi dengan acara pemberian penghargaan kepada para anggota yang berprestasi dan pemberian tali asih kepada anggota Polri yang purna tugas. Penyerahan penghargaan dan pemberian tali asih dilakukan oleh Kapolres Bantul. Adapun anggota yang berpretasi tersebut adalah Aiptu Agus Suryanto (Berhasil meraih juara 1 tingkat nasional dalam pelaporan Informasi data ke Mabes Polri), Brigadir Fery Sudaryanto (Berhasil meraih juara 1 dalampengisian data RHPP dan pemuktahiran data personil Polres Bantul), Bripka Anis Dwi Haryanto (Berhsil Ungkap Kasus Oplos Elpiji), Brigadir Budi Sunaryo (Berhasil meredam dan menyelesaikan konflik yang berpotensi sara) dan anggota Masyarakat atas nama Agus Nurdin Nugroho alamat Bejen RT 01, Bantul (membantu menangkap pelaku curanmor).

Sedangkan anggota purna tugas yang menerima tali asih adalah Briptu Sugiharsoyo, Bripka Jamiri, Brigadir Sukirno, Bripka Djuremi, Ipda Wagimin, Brigadir Sutarjan, AKP Subagiyo, Bripka Warsito, S,pd, Aiptu Y Sumardi, Aiptu Fachrudin, Briptu Y. Sukarto, Brigadir Sarjuni, Brigadir Subandi dan Bripka Sudarto. Upacara selesai dalam keadaan aman dan tertib.

Share this article :

Posting Komentar

 
Link : Humas Polri | Humas Polda DIY | Humas Polres Bantul
Copyright © 2011. Humas Polres Bantul - All Rights Reserved
Operator Blogspot : Aiptu Agus Suryanto Published by Humas Polres Bantul
Proudly powered by Blogger