MEMBUDAYAKAN KEBIASAAN BAIK

Jumat, 10 Oktober 20140 komentar



Dalam kehidupan ini, Tuhan menciptakan sesuatu dengan berpasangan, ada susah dan senang, sedih dan gembira, menangis dan tertawa, laki – laki dan perempuan, besar dan kecil, baik dan buruk serta ribuan bentuk pasangan lainnya. Semua itu memiliki hikmah yang kadangkala manusia tidak menyadari atau bahkan diluar nalar dan logika manusia.

Kebiasaan baik pada dasarnya disukai oleh manusia dari pada kebiasaan buruk. Orang yang membiasakan dengan hal yang baik selain bermanfaat bagi dirinya, juga akan memberikan efek baik bagi orang lain. Tidak harus mengerjakan hal yang besar, suatu kebaikan yang kecil apabila dilakukan secara konsisten juga akan memberikan dampak yang besar. Ada beberapa kebiasaan baik yang dapat memberikan manfaat baik bagi diri kita maupun pada orang lain, yaitu :

1. Memberikan senyuman pada orang lain dengan tulus;
Memberikan senyuman yang tulus pada orang lain tentu akan membuat orang tersebut merasa senang dari pada kita harus menyuguhkan raut wajah kita yang cemberut atau marah. Namun kita harus dapat memilih waktu dan tempat kapan kita harus tersenyum.

2. Mengucapkan salam dan menyapa ketika bertemu orang lain;
Salam bukan sekedar ungkapan kasih-sayang, tetapi memberikan juga alasan dan logika kasih-sayang yang di wujudkan dalam bentuk doa pengharapan agar anda selamat dari segala macam duka-derita. Sedangkan menyapa orang lain akan menghilangkan rasa ego kita terhadap oran lain serta membuat orang lain merasa dihargai.

3. Mengucapkan terima kasih;
Ucapan terima kasih ini adalah sebuah nilai yang sangat luar biasa jika bisa kita terapkan dalam kehidupan kita sehari-hari. Ucapan terima kasih sebagai bentuk penghargaan pada orang lain terhadap apa yang telah orang tersebut lakukan. Ada sebuah ungkapan, hargai orang lain apabila anda ingin dihargai.

4. Mengucapkan kata-kata yang positif
Seseorang yang memiliki kebiasaan berkata positif akan lebih mudah membangun hubungan dengan orang lain. Dalam bidang apapun orang semacam ini akan disukai oleh orang lain.

Share this article :

Posting Komentar

 
Link : Humas Polri | Humas Polda DIY | Humas Polres Bantul
Copyright © 2011. Humas Polres Bantul - All Rights Reserved
Operator Blogspot : Aiptu Agus Suryanto Published by Humas Polres Bantul
Proudly powered by Blogger