DUA DUSUN DI ARGOMULYO, SEDAYU, DEKLARASIKAN DIRI SEBAGAI DUSUN BEBAS BABS

Rabu, 17 Desember 20140 komentar



Dua dusun yang ada di Desa Argomulyo, yakni Dusun Kaliurang dan Dusun Kaliberot mendeklarasikan diri sebagai Dusun Bebas Buang Air Besar Sembarangan (BABS), Selasa, 16 Desember 2014 pukul 13.00 Wib bertempat di aula Balai Desa Argomulyo, Sedayu, Bantul.

Acara deklarasi tersebut, dihadiri oleh Anggota DPRD Kab. Bantul Drs. Timbul Harjono, Muspika Kecamatan Sedayu, Panit I Sabhara Iptu Walijan yang mewakili Kapolsek Sedayu, Kasi Ekbang Ibu Kartika Cahyani, MH.M.Hum, dr. Sistia Utami dari Puskesmas Sedayu I, Lurah Desa Argomulyo, dan Dukuh se- Desa Argomulyo.

Dalam sambutannya, Drs. Timbul Harjono menyampaikan bahwa membangun sanitasi haruslah diimbangi dengan kesadaran masyarakat akan pentingnya kebersihan. Gerakan ini, kata dia, merupakan perilaku sehat masyarakat dalam penciptaan lingkungan yang kondusif, sehat dan berbasis peningkatan kesadaran masyarakat secara berjamaah.

Meski begitu, kunci untuk pembangunan sanitasi adalah budaya dan perilaku masyarakat itu sendiri. Oleh karena itu diperlukan gerakan sadar sanitasi yang total di masyarakat hingga seluruh masyarakat bisa berpartisipasi dan bergotongroyong membangun sanitasi yang bersih sehingga tidak ada lagi orang yang buang air besar sembarangan.

Acara kemudian dilanjutkan dengan pembacaan deklarasi sebagai Dusun Bebas Buang Air Sembarangan (BABS) oleh perwakilan warga dari Dusun Kaliurang dan Dusun Kaliberot, Desa Argomulyo. Acara diakhiri dengan penandatanganan oleh pejabat yang menghadiri deklarasi tersebut. (Sihumas Sedayu)

Share this article :

Posting Komentar

 
Link : Humas Polri | Humas Polda DIY | Humas Polres Bantul
Copyright © 2011. Humas Polres Bantul - All Rights Reserved
Operator Blogspot : Aiptu Agus Suryanto Published by Humas Polres Bantul
Proudly powered by Blogger