KIRAB POTENSI BUDAYA DESA MULYODADI BAMBANGLIPURO

Rabu, 17 Desember 20140 komentar



Kirab budaya merupakan wahana pendidikan dan upaya pelestarian budaya. Oleh karena itu, Desa Mulyodadi, Kecamatan Bambanglipuro, Bantul menggelar kirab potensi budaya pada Selasa, 16 Desember 2014 pukul 13.30 Wib. Ratusan masyarakat turut berpartisipasi dalam acara yang berpusat di halaman Balai Desa Mulyodadi.

Tujuan dari diselenggarakannya kirab potensi budaya ini adalah sebagai wahana pendidikan dan penyemangat bagi warga masyarakat agar lebih menghormati nilai-nilai luhur warisan budaya. 

Kirab Potensi Budaya Desa Mulyodadi diikuti oleh 14 pedukuhan dan sekolah-sekolah yang ada di wilayah Desa Mulyodadi.  Peserta kirab mengarak bermacam-macam jodang dan gunungan yang berisikan berbagai macam hasil bumi warga Desa Mulyodadi. Selain itu, warga juga menampilkan berbagai ragam budaya dan kesenian yang ada dan berkembang di Desa Mulyodadi diantaranya,  kesenian reog dan jathilan, wayang orang, wayang kulit dll. Acara jug dimeriahkan oleh drum band dari siswa SD Negeri Sribit.

Kirab Potensi Budaya yang diselenggarakan di Desa Mulyodadi ini mengusung tema "Penguatan  Pengembangan Desa Budaya Sebagai Salah Satu Upaya Untuk Mewujudkan Ketahanan Budaya"  dan merupakan putaran terakhir festival budaya yang diadakan Provinsi DIY tahun 2014.

Sementara itu, Drs Yoto, Kasi Adat dan Tradisi dari Dinas Kebudayaan Daerah Istimewa Yogyakarta dalam sambutannya memberikan dukungan penuh atas penggalian potensi budaya Desa Mulyodadi. Pasalnya, sesuai UU keistimewaan DIY tahun 2012, budaya diselenggarakan untuk memelihara dan mengembangkan hasil, cipta, rasa, karsa, karya yang berupa nilai-nilai pengetahuan, norma, adat istiadat, seni, dan tradisi luhur yang mengakar dalam masyarakat DIY.

Dalam acara ini, turut hadir perwakilan dari Disbupar Bantul, perangkat desa, Kapolsek Bambanglipuro dan ratusan penonton. Kirab budaya ini nampaknya juga menarik perhatian para pengendara yang melintas dengan berhenti dan mengabadikan moment tersebut. 

Untuk menjaga keamanan dan ketertiban, Kapolsek Bambanglipuro, AKP Yayan Dewayanto, SH, MH menerjunkan personelnya untuk melakukan pengamanan selama kegiatan Kirab Potensi Budaya Desa Mulyodadi berlangsung. (Sihumas Bambanglipuro)
Share this article :

Posting Komentar

 
Link : Humas Polri | Humas Polda DIY | Humas Polres Bantul
Copyright © 2011. Humas Polres Bantul - All Rights Reserved
Operator Blogspot : Aiptu Agus Suryanto Published by Humas Polres Bantul
Proudly powered by Blogger