MARAK PENCURIAN KOMPUTER, UPT PPD SRANDAKAN “GANDENG” POLSEK SRANDAKAN GELAR PENYULUHAN KAMTIBMAS

Jumat, 12 Desember 20140 komentar



Menyikapi maraknya gangguan kamtibmas berkembang akhir-akhir ini, terutama kasus pencurian komputer di lingkungan sekolah,  UPT PPD Kecamatan Srandakan bekerja sama dengan Polsek Srandakan menyelenggarakan penyuluhan kamtibmas kepada Kepala Sekolah se-Kecamatan Srandakan, Kamis, 11 Desember 2014, pukul 09.00 Wib, bertempat di kantor UPT PPD Srandakan, Bantul.  

Kapolsek Srandakan Kompol Suhardi yang didampingi Kanit Lantas, Iptu Marjoko dan Kanit Binmas Aiptu Yus Ediyanto didapuk untuk memberikan materi penyuluhan tersebut.

Penyuluhan diawali dengan sambutan Kepala UPT PPD Srandakan, Drs. Sukri Antoro yang mengucapkan selamat datang kepada hadirin dan menyampaikan ucapan terima kasih kepada Kapolsek Srandakan beserta staf yang berkenan memberikan penyuluhan kamtibmas kepada para Kepala Sekolah se-Kecamatan Srandakan.

Kepala UPT PPD Srandakan menjelaskan tujuan diadakan kegiatan ini yaitu agar kita lebih waspada dan sadar betapa pentingnya menjaga keamanan di lingkungan sekolah kita terkait maraknya kasus pembobolan komputer sekolah di wilayah Bantul dan juga maraknya pelanggaran disiplin dan  tatatertib lalulintas yang dilakukan olah para pelajar. Oleh karena itu dengan adanya kegiatan ini semoga bisa menambah wawasan kita untuk mengatasinya.

Kapolsek Srandakan dalam penyuluhanya penyampaikan sesuai dengan hakekat ancaman Kamtibmas, maka masalah Kamtibmas sangat kompleks dan tidak pernah berhenti, malahan cenderung untuk terus meningkat. Menyikapi maraknya kasus pencurian komputer yang menyasar ke sekolah-sekolah akhir-akhir ini, kami talah perintahkan anggota untuk meningkatkan patroli keamanan, khususnya ke sekolah-sekolah yang ada di Srandakan ini dan perlunya peran aktif pihak sekolah dalam memelihara dan menjaga lingkungan masing-masing.

"Pihak Sekolah juga harus terus meningkatkan kewaspadaanya, mungkin dengan memasang CCTV dan alarm atau menambah penjaga sekolah,” kata Kapolsek.

“Untuk diketahui Bapak/ Ibu sekalian bahwa baru-baru ini Tim Reserse Kriminal Polda DIY telah berhasil menangkap lima orang pelaku spesialis pencuri komputer di sekolah. Selain mengamankan para pelaku, petugas juga berhasil menyita puluhan unit komputer hasil kejahatannya sebagai barang bukti,” kata Kapolsek.
“Kendatipun pihak Kepolisian telah berhasil menangkap para pelaku pencurian, hal ini hendaknya jangan sampai menurunkan tingkat kewaspadaan kita,”pinta Kapolsek.

“Berkaca dari segala keterbatasan anggota Polri khususnya di Polsek Srandakan, kepedulian pihak sekolah juga menjadi kunci terselenggaranya keamanan dan ketertiban. Oleh sebab itu, kami mengajak kepada segenap Kepala Sekolah yang hadir agar peduli dan berperan aktif dalam menjaga keamanan dan ketertiban di lingkungan masing-masing, karena bagaimanapun juga hal itu merupakan tanggung jawab kita bersama,”tutup Kapolsek Srandakan.

Sementara Iptu Marjoko dalam kesempatan ini, dipercaya membawakan materi penyuluhan UU Nomor 22 tahun 2009 tentang lalu lintas dan angkutan jalan.

“Pelanggaran lalu lintas yang dilakukan pelajar dari tahun ketahun mengalami peningkatan, mulai dari kepemilikan SIM, kelayakan kendaraan, sampai dengan etika dalam berkendara. Hal ini tentunya dipengaruhi oleh kesadaran hukum pelajar dalam mentaati peraturan berlalu lintas masih minim,” kata Iptu Marjoko.

“Razia-razia yang dilakukan oleh polisi dalam jangka pendek mungkin bisa menekan jumlah pelajar yang menggunakan sepeda motor atau melanggar lalu lintas, tapi itu hanya pendekatan temporer, diperlukan langkah-langkah lain yang lebih preventif, yaitu pendidikan lalu lintas kepada pelajar,”imbuh Iptu Marjoko.

Menurut Iptu Marjoko, sangat diperlukan sinergitas antara semua pihak yang mempunyai kompetensi menyangkut masalah ini. Seperti pihak sekolah, merupakan lembaga yang mempunyai peran vital dalam membentuk karakter pelajar. (Sihumas Srandakan)

Share this article :

Posting Komentar

 
Link : Humas Polri | Humas Polda DIY | Humas Polres Bantul
Copyright © 2011. Humas Polres Bantul - All Rights Reserved
Operator Blogspot : Aiptu Agus Suryanto Published by Humas Polres Bantul
Proudly powered by Blogger