INI JUMLAH KARYAWAN PT DONG YOUNG TRESS PIYUNGAN YANG MENJADI KORBAN KERACUNAN MAKANAN

Jumat, 06 Februari 20150 komentar



Hari ini Kamis, 05 Februari 2015 pukul 08.00 wib Jumlah karyawan Pabrik Wig PT Dong Young Tress Piyungan yang keracunan makanan semakin bertambah.

Adapun keracunan terjadi setelah karyawan menyantap (opor ayam) makan sore pada hari Rabu tanggal 04 Februari 2015 pukul 04.30 wib dari Ridho Catering yang beralamat di Gilang, Ledok KG III/ 845. Rt 41 Kotagede Yogyakarta.  Setelah mengkonsumsi makanan tersebut, 15 menit kemudian banyak karyawan yang merasakan mual-mual dan muntah bahkan ada beberapa yang pingsan, selanjutnya korban dibawa kerumah sakit dan puskesmas terdekat.

Hingga kamis pagi ini tanggal 5 Februari 2015 masih banyak korban yang dibawa kerumah sakit maupun puskesmas. Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bantul dr. Maya mengecek langsung ke rumah sakit dan puskesmas dimana para korban dirawat. Tak ketinggalan Dari Bid Dokkes Polda DIY dipimpin Kompol dr. Theresia (dokter forensik) juga mengecek ke PT. Dong Young Tress dan rumah sakit maupun puskesmas Piyungan.

Dan sampai pagi ini kamis tanggal 05 Februari 2015 jumlah korban keracunan makanan sudah tercatat dan dirawat di beberapa tempat antara lain :

Nama RS/ Puskesmas
Rawat Jalan
Rawat Inap
Jumlah
RS. Permata Husada
47
44
91
RS. Rajawali Citra
8
45
53
Puskesmas Piyungan
40
4
44
Puskesmas Dlingo II
3

3
Jumlah
98
93
191








Selanjutnya pada hari ini kamis tanggal 05 Februari pukul 09.00 Wib dilakukan koordinasi di ruang personalia terkait kejadian keracunan yang dihadiri oleh Kepala Dinas Kesehatan Kab. Bantul Maya Sintoyati, dr Puskesmas Pramudi, Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan Dinkes Kab Bantul, Kepala Seksi Kes Lingkungan dr Vyanatun, Kepala Depnaker P Santo, Kapolsek Piyungan Kompol Sudarsono, Dokpol Polda Diy Kompol Dr. Teresia, Dokes Polres Bantul Aiptu Dalhari, Kasat Reskrim AKP Akbar Bhatilan, Manajemen PT Dong Young Tress dan Bag Personalia Agung.

Hasil koordinasi diantaranya Kedepannya agar pihak PT melakukan cek makanan sebelum di makan untuk memastikan makanan layak untuk di santap. Untuk nenghindari hal yang sama agar tidak memesan makanan yang berkuah / bersantan agar tidak mudah basi. Apabila ada kejadian yang sama agar pihak PT langsung mengamankan sisa makanan untuk di jadikan semple diperiksa dengan menaruh di almari pendingin.

Hasil analisa bahwa kasus ini terjadi disebabkan setelah karyawan makan makanan ransum nasi bungkus dari Ridho Catering yang beralamat di Gilang, Ledok KG IIi/ 845. Rt 41 kotagede Yogyakarta. Ini dimungkinkan pengusaha catering yang selalu memasak dengan jumlah yang banyak seringkali kurang memperhatikan hygiene mulai penyediaan bahan ataupun saat proses memasak sehingga kejadian serupa dimungkinkan akan terjadi kembali baik di Pabrik ini maupun lainya. (Sihumas Piyungan)

Share this article :

Posting Komentar

 
Link : Humas Polri | Humas Polda DIY | Humas Polres Bantul
Copyright © 2011. Humas Polres Bantul - All Rights Reserved
Operator Blogspot : Aiptu Agus Suryanto Published by Humas Polres Bantul
Proudly powered by Blogger