DALAM WAKTU LIMA BULAN, DI BANTUL DUA ORANG MENINGGAL AKIBAT POHON TUMBANG DI JALAN RAYA

Jumat, 10 April 20150 komentar



Tingginya tingkat kecelakaan lalu lintas di Bantul menjadi masalah serius yang menjadi pekerjaan rumah yang harus segera dicarikan solusinya. Kelalaian dan pelanggaran rambu-rambu lalu lintas masih mendominasi faktor penyebab kecelakaan lalu lintas di Bantul. Selain kedua faktor tersebut, faktor alam seperti hujan, pohon tumbang dan lain-lain, juga dinilai dapat menjadi penyebab dalam terjadinya kecelakaan lalu lintas.

Dari data yang dimiliki Polres Bantul, untuk wilayah Kabupaten Bantul sendiri, dalam kurun waktu lima bulan terakhir, sudah dua orang korban meninggal dunia akibat kecelakaan di jalan raya yang diakibatkan oleh pohon tumbang.

Peristiwa nahas pertama menimpa Reni (49 tahun) warga Juwono RT 07 Desa Triharjo, Pandak, Bantul yang meninggal dunia setelah tertimpa pohon Sengon laut yang tumbang di depan Koramil Pandak pada 18 Desember 2014 lalu. Korban yang mengendarai sepeda motor Suzuki Smash dengan nomor polisi AB 4409 L melaju dari arah utara, tertimpa pohon sengon laut dibagian kepalanya dan mendapatkan luka yang sangat parah sehingga meninggal di tempat kejadian. Dari hasil olah TKP petugas Polsek Pandak, diketahui penyebab pohon tersebut tumbang diperkirakan karena sudah lama mati sehingga menjadi lapuk.

Kemudian kejadian yang paling terbaru adalah kecelakaan yang menimpa anggota Sat Lantas Polres Bantul, Bripka Sudarko. Yang bersangkutan meninggal dunia di lokasi kejadian setelah motor yang dikendarainya tertimpa dahan pohon sono keling  saat melintas di Jalan Ring Road Bantul Dusun Manding RT 02, Trirenggo, Bantul pada Kamis dini hari, 9 April 2015 kemarin.

Berkaca dari kedua kecelakaan tersebut, seharusnya hal ini menjadi warning kepada pihak-pihak yang berwenang untuk melindungi warga masyarakatnya agar aman dan selamat saat berkendara.

Ancaman keselamatan dari pohon tumbang di jalan, harusnya dapat diminimalisir apabila Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) yang berkompeten, menjalin kerjasama yang solid untuk melindungi warga masyarakatnya dari ancaman pohon tumbang saat berkendara.
 
Selain hal yang disebutkan di atas, ada hal lain yang tak kalah pentingnya guna menghindari dari bahaya kecelakaan yang disebabkan oleh pohon tumbang. Dengan kondisi cuaca yang sulit diprediksi, mengawalkan waktu keberangkatan adalah sesuatu yang bijak. Apalagi pada musim hujan seperti saat ini bisa saja terjadi beberapa hal di luar dugaan yang menghambat perjalanan. Misalnya hujan lebat yang disertai angin kencang yang dapat menyebabkan pohon tumbang sehingga dapat mengancam keselamatan pengguna jalan.

Selain memperhatikan waktu keberangkatan, tips aman berkendara yang lain adalah dengan memperhatikan tiga poin utama di saat berkendara, atau yang biasa disebut Tri Siap yaitu siap taati peraturan, siap fisik bagi pengendara dan siap kendaraan. Ingatlah kecelakaan bisa terjadi pada siapa saja, kapan saja dan dimana saja. Teruslah waspada dan taati setiap rambu-rambu lalu lintas yang ada.

Share this article :

Posting Komentar

 
Link : Humas Polri | Humas Polda DIY | Humas Polres Bantul
Copyright © 2011. Humas Polres Bantul - All Rights Reserved
Operator Blogspot : Aiptu Agus Suryanto Published by Humas Polres Bantul
Proudly powered by Blogger